Monday, June 30, 2014

untuk yang kesekian kalinya




TAMU ITU BERNAMA RAMADHAN

            29, juni 2014. Mungkin ini sudah yang kesekian kalinya tamu ini hinggah di dalam perjalanan hidup kuta. Entah ini yang keberapa kalinya, enam kali datang di solo, kemudian dua kali di bogor, tapi diri ini entah kapan rasanya pertama kali bertemu dengan dirinya. Ya, tamu itu bernama ramadhan. “marhaban ya ramadhan”.
wahai orang orang yang beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa seperti orang orang sebelum kalian, agar kalian bertaqwa” (QS 2:183)

            Ayat di atas merupakan ayat yang sangat familiar di telinga kita ketika bulan ramadhan telah tiba, dan ayat ini pula yang disampaikan oleh khatib tempat saya salat pertama di bulan suci ramadhan ini, walaupun selalu disampaikan dengan redaksi yang sama namun selalu ada warna dalam penyampaian setiap khotib yang membawakannya. 


            New Place-Adaptation. Dua kata yang tak sama namu saling berkaitan, masjid Al-Amin medan johor. Kalau kita pernah melihat sejarah tentang perjalan rasulullah dalam memperjuangkan agama ini mungkin banyak pelajaran tetang adaptasi dari satu wilayah ke wilayah lain, salah satu sahabat yang tidak asing adalah mus’ab bin umair, bagaimana tidak kawan dia adalah seorang muslim pertama yang menjadi delegasi ke yastrib(madinah) untuk menyampaikan agama Allah, bagaimana proses adaptasi beliau hingga dapat mengajak dan meyakinkan penduduk yastrib akan agama yang di yakini. Inilah pelajaran adaptasi yang luar biasa dari seorang sahabat rosulullah……
            Perbedaan waktu, ini yang jdi pelajaran tetang ramadhan awal saya di kota medan. Memang tidak banyak yang berbeda kali ini, namun jasad harus menyesuaikan dengan keadaan baru di sini. Contohnya mudah, biasanya adzan maghrib dikumandangkan pukul 17.56, namun disini harus menunggu hingga pukul 18.42. artinya disini lebih lambat sekitar 45 menit. Bayangkan ketika harus berangkat Praktik Lapang pukul tujuh pagi, namun iklimnya terasa pukul enam pagi.. ya memang inilah nikmatnya sebuah keberagaman yang Allah tunjukan J.
           
            Sedikit pemandangan di awal ramadhan……
masjid di kala siang hari



 terlihat dua anak di pojokan sedang bercengkrama dengan al-Quran
makan mala pertama


lengkap setumpuk karbohidrat, protein, dan lemak
endless 

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 comments

  1. sip lah, jadi mau buat jurnal PL juga nih..

    ReplyDelete

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 million
Designed by Blog Thiet Ke
Posts RSSComments RSS
Back to top